Wednesday, January 11, 2012

Tugas Softskill IV

Kegiatan Pengendalian :)


1. Yang diarahkan dan harus dipengaruhi oleh seorang pemimpin :
Mengarahkan
Yang diarahkan seorang pemimpin adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh bawahannya. Pemimpin mengarahkan bawahannya agar tetap berjalan dalam suatu konsep yang telah disepakati sejak awal.

Mempengaruhi
Pola pikir setiap manusia berbeda-beda sehingga seorang pemimpin harus mampu mempengaruhi bawahannya agar memiliki pola pikir yang sama dalam menjalankan sebuahorganisasi, karena bila tidak memiliki pola pikir yang sama maka organisasi tersebut tidak akan mampu berjalan dengan baik.


2. Standar yang digunakan oleh pemimpin universitas Gunadarma dalam mengendalikan kegiatan perkuliahan :
  • standar dosen : dosen harus mempunyai pengalaman atau kemampuan dalam mengajar mahasiswa/mahasiswinya serta memiliki surat-surat keterangan untuk mempertanggungkawabkan kewajibannya.
  • standar nilai : bertujuan untuk melihat seberapa jauhkan mahasiswa menangkap materi yang di jelaskan oleh dosen . Serta mengetahui batasan-batasan kemampuan mahasiswa tersebut.
  • standar pengajaran : berfungsi untuk mengetahui mata kuliah mana sajakah yang di pelajari masing masing fakultas.
3. Seorang karyawan yang sebelumnya sangat antusias dalam bekerja dalam suatu tim yang menangani suatu proyek tiba-tiba menjadi begitu apatis bahkan meminta mundur dari tim proyek, padahal karyawan tadi memiliki kontribusi cukup besar bagi suksesnya proyek tersebut. Kira-kira hal tersebut dapat terjadi karena: 
  • Seseorang tiba-tiba menjadi apatis kemungkinan disebabkan oleh lingkungan kerjanya yang kurang mendukung dan tidak sesuai, serta pendapatnya tidak didengar dengan baik oleh rekan-rekannya, sehingga karyawan tersebut memilih untuk mundur. Hal lain yang dapat memungkinkan hal tersebut dapat terjadi adalah kurang mampunya seseorang bekerja secara bersama-sama, atau kemungkinan terdapat konflik pribadi dengan karyawan lain. Dan yang terakhir kemungkinan terdapat masalah pribadi entah itu masalah keluarga ataupun permasalahan dalam dirinya sendiri.

  • Bila saya memiliki kewenangan maka saya akan mengajak bicara karyawan tersebut agar ia percaya dan mau bercerita alasannya mengundurkan diri. Dengan begitu saya dapat mengarahkannya agar tidak gegabah dalam mengambil keputusan karena pekerjaan ini adalah tanggung jawab seluruh karyawan. Dan bila alasan yang dikemukakannya bukan hal pribadi saya akan membantunya menyelesaikan masalah yang menyebabkan dirinya mengundurkan diri. Namun bila alasan yang ia kemukakan adalah masalah pribadi maka saya akan mencari pegawai lain yang juga memiliki kemampuan yang kompeten

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment