Friday, July 25, 2014

Contoh Kasus Kliring

          Contoh kasus kliring semisal saya di Jakarta memiliki tabungan dan akan mengirimkan uang kepada nenek saya di Yogyakarta, namun saya dan nenek saya memiliki rekening dari bank yang berbeda, selain bank yang berbeda, kami juga berada di daerah yang berbeda. kasus diatas akan menyebabkan terjadinya suatu proses kliring.

          Saya yang memiliki tabungan Mandiri di Jakarta akan mengirim sejumlah uang ke bank BRI milik nenek saya di Yogyakarta, maka kedua bank  harus mencari dimana suatu wilayah atau daerah terdapat kedua bank tersebut.  Setelah ditelusuri, tenyata di wilayah Yogyakarta terdapat kedua bank tersebut berdiri. Disanalah akan terjadi proses transaksi kliring.

          Mandiri Jakarta tempat saya menabung akan mentransfer sejumlah uang ke bank yang sama di Yogyakarta yaitu ke Mandiri juga, setelah berada di wilayah yang sama barulah proses kliring dilakukan untuk mengirim dari Mandiri Yogyakarta ke BRI Yogyakarta. Jumlah uang yang telah dikirimkan melalui proses kliring akan masuk kedalam R/K pada BI atas nama bank Mandiri Yogyakarta, kemudian  akan merntransfer uang itu ke BRI yang ada di Yogyakarta dimana nenek saya memiliki akun rekening tabungan.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment