Friday, July 25, 2014

Jasa Inkaso



Awalnya saya hanya mengerti istilah-istilah di dalam bank tanpa tau pengertian dan fungsinya. Yang saya tahu hanya jika kita mengirimkan uang, atau mendapat uang, itu semua ya saya sebut saja transfer. Ternyata salah ya. 

Contohnya saja kita mendapat selemar cek yang diterbitkan dikota Yogyakarta, tentu saja saangat repot kalau kita harus ke Yogyakarta untuk mencairkan cek tersebut, maka cek tersebut dapat dicairkan dijakarta. Kita tidak perlu kesulitan lagi bukan? Karena Bank di Jakarta lah yang akan menagih ke kota Yogyakarta, proses inilah yang disebut inkaso.

Inkaso merupakan salah satu jenis dari jasa-jasa bank untuk menagih warkat, dan ternyata inkaso juga ada dua yaitu inkaso dalam negri dan inkaso luar negri, ya dari namanya saja kita dapat menyimpulkan bahwa inkaso dalam negri mengurus cek atau bilyet antar kota, sedangkan jika bank penerbit cek dari luar negri maka penagihannya melalui inkaso luar negri

Ternyata banyak juga ya spesifikasi jasa-jasa bank, sesuai dengan kebutuhan dan prosesnya, saya pikir hanya transfer-transfer saja. Selaain inkaso jasa-jasa bank yang lainnya adalah kiriman uang(transfer), safe deposit box, dan letter of credit.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment