Monday, April 16, 2012

078. Syarat Komunikasi yang Efektif

Untuk mencipkatan komunikasi efektif diperlukan beberapa hal, yaitu:  

1.Kontak Mata
.Hal pertama yang dilakukan seorang pembicara yang baik adalah menataplawan bicara dan mengambil jeda untuk memulai sebuah pembicaraan. Inimerupakan salah satu cara yang membantu untuk menciptakan kesan baik pada lawan bicara. Usahakan mempertahankan kontak mata sepanjang pembicaraan, agar lawan bicara anda tak merasa diabaikan. 

2.Ekspresi Wajah
.Wajah merupakan cermin kepribadian individual. Ekspresi wajahmengungkapkan pikiran yang sedang melintas pada diri seseorang.Sebagai contoh: sebuah senyum mengungkap keramah-tamahan dan kasih-sayang, mengangkat alis mata menunjukan ekpresi heran, mengernyitkandahi menyampaikan ketakutan dan kegelisahan. Semua emosi dan berbagai macam tingkah manusia diekspresikan dalam emosi yang berbeda yang tergambar di wajah. Jadi saat melakukan komunikasitunjukan ekspresi bahwa anda tertarik dengan bahan pembicaraan.

3. Postur Tubuh.
Setiap gerak-gerik tubuh saat berbicara mesti dikoordinasikan dengankekuatan meyakinkan dari anda. Mereka bisa jadi semacam tambahanuntuk cara efektif yang dapat ditangkap secara visual daripada secaraverbal. Sebagai contoh: menundukan kepala menunjukkan penyelesaian pernyataan, mengangkat kepala menunjukkan akhir pertanyaan, terlalusering menggerakan bagian tubuh mengungkapkan sedang bergegas ataukebingungan. Untuk itu perhatikan gerak-gerik anda saat melakukankomunikasi dengan lawan bicara. 

4. Selera Berbusana
.Busana memiliki tugas penting dalam menimbulkan kesan. Orang yang berbusana sesuai dengan struktur tubuh mereka nampak lebih menarik.Penampilan fisik seseorang dan busana yang dikenakan membuat dampak pasti pada proses komunikasi. Kita semua berbusana dan mungkin banyak diantara kita tak terlalu memperhatikan, namun hal kecil ini memiliki peran untuk sebuah efektif. Jika kita memperhatikan bagaimana cara berbusana, hal itu akan memperbaiki kemampun komunikasi kita.


0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment