Saturday, April 21, 2012

105. Komunikasi Ke Atas (Upward Communication)

Komunikasi ke atas adalah pesan yang mengalir dari bawahan kepada
atasan atau dari tingkatan yang lebih rendah kepada tingkatan yang lebih tinggi.
Arus pesan pada tingkatan ini berisikan tentang laporan (harian, mingguan,
bulanan dan tahunan), tugas-tugas yang telah diselesaikan, pertanyaan yang tidak atau kurang jelas mengenai metode dan prosedur kerja, pertanggung jawaban
karyawan kepada pimpinan atau tugas yang dipercayakan padanya.
Tujuan dari komunikasiini adalah untuk memberikan balikan, memberikan
sran dan mengejukan pertanyaan. Komunikasi ini mempunyai efek pada
penyempurnaan moral dan sikap pegawai, tipe pesan adalah integrasi dan
pembaharuan. Dapat dikatakan, komunikasi pada tingkat ini merupkan sarana atau
mekanisme umpan balik (feedback) dari bawahan kepada atasan.
Pada arus komunikasi ke atas juga sering kali mengalami persoalan pada
relavansi dan kurasi pesan dan informasi, terutama diantara jaringan organisasi
lainnya. Masalah yang dimaksud terutama adalah penyaringan (filtering) dan
melebihkan arti pesan (exaggeration). Pegawai cendrung memberikan laporan
pada hal-hal yang baik saja mengenai tugas, tanggungjawab ndan mengenai
departemennya dan organisasi yang dipahaminya kepada pemimpin.

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17837/4/Chapter%20II.pdf

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment