Monday, April 23, 2012

110. Bagaimana Desain Mempengaruhi Sebuah Gerakan

Selain dekat dengan kehidupan, desain juga sangat akrab dengan sebuah gerakan masyarakat atau people movement. Desain ternyata dikatakan memiliki pengaruh yang sangat kuat pada sebuah gerakan.

Desain yang provokatif dapat menggerakkan orang-orang untuk peduli akan sesuatu. Bagaimana Desain Mempengaruhi Sebuah Gerakan, inilah yang menjadi bahasan salah satu rangkaian acara “Makan URAB 2012” sekaligus roadshow Nirmana Award bertempat di kampus DKV Interstudi Jakarta (30/03) lalu.

Acara diskusi yang dihadiri kurang lebih 60 mahasiswa DKV Interstudi ini menghadirkan pembicara @iwanesjepe dan @indahesjepe. Mereka adalah orang-orang yang dibalik gerakan “Indonesia Bertindak”. Gerakan “Indonesia bertindak ini lahir atas inisiatif orang-orang yang rindu akan kebanggaan rakyat Indonesia terhadap Tanah Airnya.

“Gerakan ini terbentuk karena tragedi bom, terorisme dan rangkaian bencana alam yang menimpa Indonesia” ujar Iwan. Keseluruhan tragedi ini membawa Indonesia mendapatkan predikat negara yang tidak nyaman untuk dikunjungi atau “travel warning”dari banyak negara di dunia.

Sebagai solusi dari permasalahan ini, mereka membuat gerakan “Indonesia Dangerously Beautiful”. Dalam setiap kampanye gerakannya, Iwan banyak menggunakan materi-materi desain seperti poster dan desain kaos. Materi desain dibuat sangat provokatif untuk menunjukan tujuan sebuah gerakan. “Gerakan Indonesia Dangerously Beautiful dibuat untuk menunjukkan pada orang-orang bahwa Indonesia itu sangat Indah, paparnya.

Melalui media desain yang provokatif ini diharapkan dapat menggerakkan masyarakat di Indonesia. Iwan mencontohkan tragedi bencana di Wasior melalui gerakan Indonesia Bertindak yang bertajuk “Pakaian Dalam dari yang Terdalam”, berhasil menggerakkan masyarakat untuk peduli dengan bencana ini.

“Ini adalah kegiatan yang berhasil mengumpulkan pakaian dalam baru untuk korban bencana alam” tukasnya. Gerakan ini tidak lepas juga dengan penggunaan media desain seperti poster.

Desain tidak hanya dapat dililihat dari segi keindahannya saja. Lebih jauh dari itu desain memiliki nilai lebih salah satunya adalah dapat mempengaruhi sebuah gerakan. Acara “Makan Urab 2012” ini bertujuan untuk membangun kepedulian terhadap desain.

Senada dengan acara ini, Nirmana Award, ajang apresiasi desainer muda Indonesia juga tengah menghadirkan sebuah pesta desainer muda terbesar di Indonesia. Berbagai kegiatan digelar untuk menunjukkan dan mengasah kemampuan desainer muda Indonesia.

Salah satu acara dalam Nirmana Award adalah kompetisi desain. Nirmana Award mengajak para desainer muda untuk berani menunjukkan karyanya melalui kompetisi ini. Kompetisi desain masih dibuka hingga tanggal 29 April 2012. Selengkapnya mengenai Nirmana Award bisa didapatkan di www.nirmanaaward.com.

Desainer muda, pastikan karyamu jadi salah satu peserta pesta desainer muda terbesar Indonesia ini! (RickyIskandar/NirmanaAward)

http://tekno.kompas.com/read/2012/04/14/2328550/Bagaimana.Desain.Mempengaruhi.Sebuah.Gerakan

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment