realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku
Pembagian
kerja sangat menguntungkan dan efektif karena dapat menghasilkan barang
yang lebih banyak dalam waktu yang efisien. Hal ini sudah banyak
terbukti di berbagai organisasi, jika pembagian kerja masih dipergunakan
untuk zaman sekarang itu mungkin karena berbagai alas an yang dapat
diterima oleh semua pihak. Seperti contoh di perusahaan PT. makmur, yang
mempekerjakan beberapa bagian seperti di bagian gudang dan bagian HRD.
Jika bagian gudang dan HRD hanya di kerjakan oleh satu orang maka hal
ini tidak efektif.
Smith menyimpulkan bahwa pembagian kerja dapat meningkatkan produktivitas dengan
(1) meningkatnya keterampilan dan kecekatan tiap-tiap pekerja,
(2) menghemat waktu yang terbuang dalam pergantian tugas, dan
(3) menciptakan mesin dan penemuan lain yang dapat menghemat tenaga kerja
keunggulan ekonomis yang akan diperoleh organisasi dari pembagian kerja (division of labor), yaitu perincian pekerjaan ke dalam tugas-tugas yang spesifik dan berulang
Contoh kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi
-Meningkatkan efisiensi kegiatan-
Aktivitas
bisnis yang diharapkan akan mampu bersaing dan akan mendatangkan
manfaat dan keuntungan harus merujuk pada standar. Makna standar
merupakan produk atau proses yang telah diakui, yang diperoleh dari
pengalaman dan pengetahuan. Standar adalah sesuatu yang baku untuk
mencapai suatu target tertentu. Penerapan standar harus dijalankan dan
dikontrol secara ketat. Standar dibagi dalam 2 hal yaitu yang pertama
standar yang berkaitan dengan proses atau prosedur, dan yang kedua
standar yang berkaitan dengan material. Untuk menjaga standar, baik
standar proses atau standar material, maka perlu pengontrolan yang
dilakukan secara rutin dan berulang. Standar untuk mencapai target
tertentu yang telah ditetapkan dan diakui, misalnya untuk pengelasan,
maka harus dilakukan dengan mengikuti dokumentasi yang sudah baku. Semua
aktivitas seperti ini mestinya ada dalam organisasi yang ingin
berkiprah diera global. Setiap organisasi jika ingin sukses maka perlu
mengikuti standar yang telah diakui. Jika ingin lebih baik, maka
diperlukan perencanaan dan penelitian, agar hasilnya dapat melebihi apa
yang sudah ada dalam standar.
0 comments:
Post a Comment