Wednesday, April 25, 2012

151. Aliran Komunikasi

a. Aliran Vertkal
Aliran ini mencakup seluruh transasksi yang meliputi aliran informasi ke bawah maupun ke atas yang terjadi antara atasan dan bawahan dalam suatu organisasi.
Aliran Komunikasi Vertikal ke bawah dapat berbentuk:
§ Rantai perintah
§ Desas-desus
§ Serikat pekerja
§ Plakat dan papan nama
§ Majalah perusahaan
§ Surat pada karyawan
§ Buku petunjuk karyawan
§ Kontak informasi
§ Sistem pengeras suara
§ Kertas terima gaji
§ Laporan tahunan
§ Peretemuan kelompok
Gerakan informasi ke atas melalui tingkatan-tingkatan hirarki organisasional paling sering berbentuk umpan balik pelaksanaan kerja dan secara mendasar dihubungkan dengan fungsi pengawasan. Secara lebih rinci Aliran komunikasi vertikal ke atas dapat berbentuk:
§ Kontak tatap muka
§ Pertemuan kelompok
§ Daftar pertanyaan kerja
§ Surat usulan
§ Pemberian saran
§ Wawancara
§ Mata-mata karyawan
§ Serikat pekerja
§ Desas-desus
§ Kebijakan pintu terbuka
b. Aliran Horisontal (Lateral)
Komunikasi ini mencakup seluruh penyampaian informasi yang mengalir secara lateral dalam suatu organisasi yaitu komunikasi antara bagian kelompok kerja yang sama tingkatan atau kelompok yang mempunyai kedudukan status yang sederajat.
c. Aliran Diagonal
Aliran ini mencakup seluruh transmisi antara aliran vertikal dan horisontal contohnya adalah bagaimana terjadi interaksi antara manajer dengan para anggota staff dan unit-unit pelayanannya.

http://mawmanik.blogspot.com/2010_12_01_archive.html

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment