a. Aliran Vertkal
Aliran
ini mencakup seluruh transasksi yang meliputi aliran informasi ke
bawah maupun ke atas yang terjadi antara atasan dan bawahan dalam suatu
organisasi.
Aliran Komunikasi Vertikal ke bawah dapat berbentuk:
§ Rantai perintah
§ Desas-desus
§ Serikat pekerja
§ Plakat dan papan nama
§ Majalah perusahaan
§ Surat pada karyawan
§ Buku petunjuk karyawan
§ Kontak informasi
§ Sistem pengeras suara
§ Kertas terima gaji
§ Laporan tahunan
§ Peretemuan kelompok
Gerakan
informasi ke atas melalui tingkatan-tingkatan hirarki organisasional
paling sering berbentuk umpan balik pelaksanaan kerja dan secara
mendasar dihubungkan dengan fungsi pengawasan. Secara lebih rinci Aliran komunikasi vertikal ke atas dapat berbentuk:
§ Kontak tatap muka
§ Pertemuan kelompok
§ Daftar pertanyaan kerja
§ Surat usulan
§ Pemberian saran
§ Wawancara
§ Mata-mata karyawan
§ Serikat pekerja
§ Desas-desus
§ Kebijakan pintu terbuka
b. Aliran Horisontal (Lateral)
Komunikasi
ini mencakup seluruh penyampaian informasi yang mengalir secara
lateral dalam suatu organisasi yaitu komunikasi antara bagian kelompok
kerja yang sama tingkatan atau kelompok yang mempunyai kedudukan status
yang sederajat.
c. Aliran Diagonal
Aliran
ini mencakup seluruh transmisi antara aliran vertikal dan horisontal
contohnya adalah bagaimana terjadi interaksi antara manajer dengan para
anggota staff dan unit-unit pelayanannya.
http://mawmanik.blogspot.com/2010_12_01_archive.html
0 comments:
Post a Comment