Saturday, April 14, 2012

042. Komunikasi Antar Pribadi

   Komunikasi Antar Pribadi1.Definisi

Secara umum komunikasi antar pribadi dapat didefinisikan sebagaikomunikasi yang berlangsung secara informal antara dua orang individu. Dengan perkataan lain, komunikasi jenis ini dapat dikatakan berlangsung dari hati ke hatikarena antara kedua individu yang berkomunikasi tersebut terdapat hubungansaling mempercayai. 

Komunikasi secara pribadi dapat terjadi dalam berbagaisituasi dan tempat. Ia dapat muncul ketika seorang pramuwisata melayaniseorang wisatawan, seorang pedagang melayani pembeli, seorang ibu dengananaknya, atau antara seorang guru dengan muridnya.Komunikasi antar pribadi akan berlangsung secara efektif, jika pihak yang berkomunikasi menguasai keterampilan berkomunikasi antar pribadi.Keterampilan ini sebenarnya secara tidak sengaja telah dilatihkan melalui pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.

 Misalnya, ketika seorang anak mengadu kepada ibunya, si ibu dengan penuh rasa kasih sayang membelaianaknya, mendengarkan dengan penuh perhatian, mengulangi bagian tertentudari pembicaraan anaknya, atau mengajukan pertanyaan yang dianggapnyasesuai. Demikian pula seorang petugas supermarket akan mendengarkan denganseksama pertanyaan pembelinya, atau seorang perawat menunjukkan rasa simpatiyang dalam pada pasien yang sedang dirawatnya.

http://www.scribd.com/doc/11436131/Ibm-2

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment