Saturday, April 14, 2012

044. Pentingnya Komunikasi Dalam Organisasi

Apa pentingnya komunikasi dalam suatu organisasi? Sebelum membahas tentang pentingnya komunikasi dalam organisasi, kita harus mengetahui dulu pengertian komunikasi, organisasi serta komunikasi dalam organisasi. Komunikasi merupakan proses yang berlangsung dimana terjadi penyampaian pesan-pesan verbal maupun nonverbal yang berasal dari sumber (komunikator) kepada lawan bicara atau khalayak dengan menggunakan media tertentu atau pun secara langsung untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan organisasi adalah sekelompok manusia yang saling bekerja sama yang terstruktur dan mempunyai aturan-aturan demi mencapai tujuan tertentu.
Dari pengertian komunikasi dan organisasi, dapat ditarik kesimpulan bahwa Komunikasi dalam Organisasi adalah proses dimana seseorang berusaha untuk memberikan pengertian atau pesan diantara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tersebut.
Komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam suatu organisasi. Suatu organisasi baik karyawan maupun pimpinan perlu mempelajari tentang teori komunikasi organisasi, agar proses komunikasi berjalan lancar. Pesan, ide, gagasan serta feedback dapat diterima, dipahami dengan jelas sehingga tugas-tugas dapat dikerjakan dengan baik. Bila komunikasi efektif dapat mencapai sasaran serta keharmonisan antar hubungan dalam organisasi. Sehingga tujuan baik secara personal atau secara organisasitoris dapat mencapai hasil optimal. Sebaliknya bila pimpinan kurang pandai berkomunikasi instruksi, kebijakan, doktrin, teguran dan sebagainya yang diberikan kepada bawahannya akan kurang bisa dipahami sehingga terjadi kesalahan persepsi dan tugas yang harus dikerjakan tidak mencapai hasil yang optimal. Komunikasi yang tidak berjalan dengan baik, dapat menjadi pemicu konflik antara pemimpin dan bawahannya.
Contoh di lapangan yang sering timbul akibat komunikasi yang tidak berjalan dengan baik antara pimpinan dan bawahan dalam suatu perusahaan misalnya adanya mogok kerja. Itu salah satu penyebabnya adalah adanya konflik yang berkepanjangan, yang timbul akibat komunikasi yang tidak dapat berjalan dengan baik. Itulah salah satu contoh pentingnya komunikasi dalam suatu organisasi.

http://nadhiadisiini.blogspot.com/2009/11/pentingnya-komunikasi-dalam-organisasi_3213.html

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment