Apa
pentingnya komunikasi dalam suatu organisasi? Sebelum membahas tentang
pentingnya komunikasi dalam organisasi, kita harus mengetahui dulu
pengertian komunikasi, organisasi serta komunikasi dalam organisasi.
Komunikasi merupakan proses
yang berlangsung dimana terjadi penyampaian pesan-pesan verbal maupun
nonverbal yang berasal dari sumber (komunikator) kepada lawan bicara
atau khalayak dengan menggunakan media tertentu atau pun secara
langsung untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan organisasi
adalah sekelompok manusia yang saling bekerja sama yang terstruktur dan
mempunyai aturan-aturan demi mencapai tujuan tertentu.
Dari pengertian komunikasi dan organisasi, dapat ditarik kesimpulan bahwa Komunikasi dalam Organisasi adalah proses
dimana seseorang berusaha untuk memberikan pengertian atau pesan
diantara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu
organisasi tersebut.
Komunikasi
sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam suatu
organisasi. Suatu organisasi baik karyawan maupun pimpinan perlu
mempelajari tentang teori komunikasi organisasi, agar proses komunikasi
berjalan lancar. Pesan, ide, gagasan serta feedback dapat diterima,
dipahami dengan jelas sehingga tugas-tugas dapat dikerjakan dengan
baik. Bila komunikasi efektif dapat mencapai sasaran serta keharmonisan
antar hubungan dalam organisasi. Sehingga tujuan baik secara personal
atau secara organisasitoris dapat mencapai hasil optimal. Sebaliknya
bila pimpinan kurang pandai berkomunikasi instruksi, kebijakan,
doktrin, teguran dan sebagainya yang diberikan kepada bawahannya akan
kurang bisa dipahami sehingga terjadi kesalahan persepsi dan tugas yang
harus dikerjakan tidak mencapai hasil yang optimal. Komunikasi yang tidak berjalan dengan baik, dapat menjadi pemicu konflik antara pemimpin dan bawahannya.
Contoh
di lapangan yang sering timbul akibat komunikasi yang tidak berjalan
dengan baik antara pimpinan dan bawahan dalam suatu perusahaan misalnya
adanya mogok kerja. Itu salah satu penyebabnya adalah adanya konflik
yang berkepanjangan, yang timbul akibat komunikasi yang tidak dapat
berjalan dengan baik. Itulah salah satu contoh pentingnya komunikasi
dalam suatu organisasi.http://nadhiadisiini.blogspot.com/2009/11/pentingnya-komunikasi-dalam-organisasi_3213.html
0 comments:
Post a Comment