Saturday, April 21, 2012

109. FASE, TUJUAN DAN HAMBATAN KOMUNIKASI

Perkembangan komunikasi terbagi dalam 2 tahap:
a.       Fase Ekstensif:
      Fase dimana terjadi perkembangan cepat informasi secara kuantitatif.
b.      Fase Intensif
      Perkembangan cepat secara kualitatif. Dalam perkembangan ini sering       kali saluran komunikasi tidak dapat menampung kebutuhan informasi      sehinggaakan mengakibatkan :
§   Pemimpin menghadapi beban kelebihan informasi
§ Kesulitan penyimpanan serta pengambilan informasi dari tempat penyimpanan semula
§   Gangguan dalam proses umpan balik
§   Gangguan dalam waktu pelepasan informasi
§   Pemanfaatan tak efektif jaringan komunikasi yang ada

Tujuan Komunikasi
Menurut James. G. March dan Herbert A. Simon tujuan komunikasi digolongkan dalam:
a.       Kegiatan untuk kegiatan komunikasi tidak terprogram
       Contoh: Desas-desus, Kata burung, Grapevine.
b.      Komunikasi memulai dan penciptaan program
c.       Komunikasi pemberian data penerapan strategi
d.      Komunikasi untuk menimbulkan program
e.      Komunikasi tentang hasil kegiatan

Hambatan Komunikasi
Bentuk-bentuk hambatan komunikasi diklasifikasikan menjadi 4 macam, hambatan tersebut adalah:

a.       Hambatan dalam diri pribadi
Faktor-faktor hambatan dalam diri pribadi:
                  a. Persepsi Selektif)      
                  b. Perbedaan dalam individu & ketrampilan komunikasi).

b.      Hambatan antar pribadi
Faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
                  a. Iklim)
                  b. Kepercayaan)
                  c. Kredibilitas)
                  d. Kesamaan pengirim penerima

c.       Hambatan Organisasional
       Faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
       a. Status)
       b. Transmisi Hirarki)
                                  Berikut adalah cara merubah transmisi hirarkis
  Penyingkatan (codensation) :
    Penelitian menunjukkan bahwa para penerus berita sering atau cinderung  mengubah isi berita  dengaan menyampaikan hanya pokok-pokok berita tidak  secara terperinci seperti yang mereka trima).
Closure:
    Para penerima berita yang mendua (membingungkan) cenderung lengkapi atau menutup kekurangan informasi.
Pengharapan (expectation):
   Kenyataan yang membuktikan penerus informasi sering membelokkan komunikasi kearah yang mereka inginkan.

Asosiasi:
Menghubungkan peristiwa yang satu dengan yang lain  pada kejadian yang sudah-sudah.
      c. Ukuran kelompok)
      d. Kendala-kendala ruangan)

d.      Hambatan Organisasional
Faktor-faktor yang menyebabkan adalah:
                  a. Bahasa dan pengertian)
                  b. Isyarat Non Verbal)
                  c. Efektifitas Saluran)
                  d. Kebanjiran InformasiBerikut adalah cara metode untuk menangani kelebihan informasi (kebanjiran informasi):
Penyaringan (Filtering) :
Setiap informasi yang masuk disaring sesuai dengan tipe informasi tertentu yang relevan dengan keadaan.
  Pengantrian (Queuing):
Pemrosesan berita –berita atas prioritas-prioritas dimana     berita yang berprioritas rendah akan dijadwalkan ulang.
Penetapan saluran ganda:
Yaitu penambahan saluran-saluran masukan dan keluaran    seperti penambahan saluran staf khusus atau paralel bila  wewenang didesentralisasikan.
                                 
Teknik Peningkatan Efektifitas Saluran Komunikasi
Teknik-teknik yang dikembangkan untuk mengimplementasikan perbaikan-perbaikan saluran komunikasi adalah sebagai berikut:
a.       Penetapan saluran-saluran pribadi
b.      Penetapan dewan khusus
c.       Penyelenggaraan pertemuan-pertemuan tahunan karyawan
d.      Pembentukan tim-tim tugas
e.      Pembentukan tim-tim manajemen


http://tanfidzia.multiply.com/journal/item/28/Komunikasi_Organisasional?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

3 comments:

yudhaardiansyah said...

maaf ya teman, mau kasih masukan nih kita kan anak gundar,kita jg udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill ayo dong blognya disisipin
link Universitas Gunadarma misalnya kaya gini nih
* www.gunadarma.ac.id
* www.studentsite.gunadarma.ac.id
* www.baak.gunadarma.ac.id
* dll.
ini buat kriteria penilaian mata kuliah softskill temen2 :D

prisma said...
This comment has been removed by the author.
prisma said...

wwah baru tau :g: oke deh thx ya :c:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment