Saturday, April 14, 2012

039. Syarat Terjadinya Komunikasi yang Baik



Dalam suatu organisasi komunikasi dilakukan untuk menyampaikan berita, perintah dari atasan, pemberitahuan kebijaksanaan perusahaan, ataupun untuk menanggapi masalah bawahan atau keluhan bawahan. Dengan demikian, keluhan, masalah maupun informasi yang diperlukan antarkaryawan maupun antar atasan-bawahan bisa dilakukan atau diselesaikan dengan baik.

Adapun agar komunikasi yang dilakukan antar dua orang atau lebih bisa berhasil baik harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
1. Jelas, yaitu dinyatakan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh si penerima.
2. Tepat dalam hal orang yang dituju untuk diberi berita atau onformasi yang perlu disampaikan.
3. Sasaran tujuan pemberian berita atau informasi sebaiknya sesuai dengan yang diharapkan si pengirim

Syarat-Syarat Keberhasilan Komunikasi

Ketercapaian tujuan komunikasi merupakan keberhasilan komunikasi.Keberhasilan ini tergantung dari berbagai faktor sebagai berikut:a.

Komunikator (pengirim pesan)
Komunikator merupakan sumber dan pengirim pesan. Kepercayaan penerima pesan pada komunikator serta ketrampilan komunikator dalam melakukankomunikasi menentukan keberhasilan komunikasi.Komunikator

PesanKomunikan

Pesan yang disampaikan
Keberhasilan komunikasi tergantung dari:1)daya tarik pesan itu sendiri2)kesesuaian pesan dengan kebutuhan penerima pesan3)lingkup pengalaman yang sama (
area of shared experience)
antara pengirim dan penerima pesan tentang pesan tersebut, serta4)peran pesan dalam memenuhi kebutuhan penerima pesan
.
Komunikan (penerima pesan)
Keberhasilan komunikasi tergantung dari:1)kemampuan komunikan menafsirkan pesan,2)komunikan sadar bahwa pesan yang diterima memenuhi kebutuhannya3)perhatian komunikan terhadap pesan yang diterima

 Konteks
Komunikasi berlangsung dalam setting atau lingkungan tertentu. Lingkunganyang kondusif (nyaman, menyenangkan, aman, menantang) sangatmenunjang keberhasilan komunikasi.e.

Sistem penyampaian
Sistem penyampaian pesan berkaitan dengan metode dan media. Metode danmedia yang sesuai dengan berbagai jenis indera penerima pesan yangkondisinya berbeda-beda akan sangat menunjang keberhasilan komunikasi

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/komunikasi-dalam-organisasi-13/
http://www.scribd.com/doc/11436131/Ibm-2

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment