Saturday, April 14, 2012

040. Cara Cara Komunikasi

Di samping bentuk-bentuk komunikasi yang bisa terjadi dalam suatu organisasi di atas bisa dilihat juga bagaimana komunikasi bisa dilakukan antara orang yang stau dnegan orang yang lain. Adapaun cara- cara komunikasi dilakukan bisa melalui:

1. Komunikasi Langsung
Komunikasi yang dilakukan dalam menyampaikan berita, laporan maupun perintah antara si pengirim berita (komunikator) kepada si penerima berita (komunikan) dilakukan secara langsung, sehingga kalau si penerima berita melakukan respon umpan balik yang terjadi juga diterima oleh si pengirim berita juga secara langsung (pada saat itu juga).

2. Komunikasi Tidak Langsung
Komunikasi yang terjadi jika penyampaian berita tidak dilakukan secara langsung, hanya melalui orang lain ataupun secara tertulis. Komunikasi ini mengakibatkan umpan balik yang terjadi juga tertunda.

3. Komunikasi Horisontal
Komunikasi yang terjadi apabila pesan, berita laporan maupun informasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan sesama karyawan maupun bertujuan untuk melakukan kooordinasi dalam bekerja sama.

4. Komunikasi Formal
Komunikasi yang dilakukan antara sesama anggota organisasi disesuaikan dengan urutan atau tingkatan dalam struktur organisasi. Jika komunikasi formal disampaikan dari atasan ke bawahan, maka komunikasi ini biasanya digunakan untuk menyampaikan perintah. Akan tetapi, jika komunikasi dilakukan dari bawahan ke atasan, maka komunikasi ini biasanya digunakan untuk menyampaikan laporan.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment