.
ALAT INPUT
.
- Keyboard,
Papan ketik (bahasa
Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau
memasukkan huruf,
angka,
atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem
operasi yang dijalankan oleh komputer.
Papan ketik terdiri atas tombol-tombol
berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem
operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan
memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai
tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna
dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang
mendukung teknologi nirkabel.
Keyboard (papan tuts/tombol) adalah alat
input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan ke alat proses
dengan cara mengetikkan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard.
- SCANNER
Pemindai atau scanner merupakan suatu alat
yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen,
foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan
ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.
Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya,
antara lain:
pemindai gambar
pemindai barcode
pemindai sinar-X
pemindai cek
pemindai logam
pemindai Optical Mark Reader (OMR)
Di antara jenis-jenis pemindai tersebut,
pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.
Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan
sebagai pemindai Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai,
dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).
- . Pointing Device
Untuk keperluan tertentu, misalnya pembuatan
grafik atau gambar, penggunaan keyboard kurang memuaskan. Alat input yang
berupa pointing device akan lebih tepat digunakan, alat ini terdiri dari :
Mouse
Touch Screen
Light Pen
Digitizer graphics tablet
Mouse
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas
Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah
dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart
memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer,
Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk Mouse yang paling umum mempunyai dua
tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan.
Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh
biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan
menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih
modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal
untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi
nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan
tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik
per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya
tetikus semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan
video.
Mouse adalah pointing device yang digunakan
untuk mengatur posisi cursor di layar. Dengan menggeser mouse di bidang yang
datar, misalnya meja, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dan
pergeseran mouse.
TOUCH SCREEN
Layar sentuh atau dalam bahasa Inggris
Touchscreens, touch screens, touch panels atau touchscreen panels adalah layar
tampilan komputer
yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi
dengan komputer
dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar komputer.
Touchscreen sering dipakai pada kios informasi ditempat-tempat
umum, misalnya di bandara
dan rumah sakit
serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer.
Sistim touchscreen tersedia dalam bentuk monitor
yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan dan ada juga kit
touchscreen yang lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor
yang sudah ada.
Touch screen (Iayar sentuh) adalah layar
monitor yang akan mengaktifkan program bila bagian tertentu di layar disentuh
dengan tangan.
LIGHT
PEN
Alat input data dengan menggunakan pena
elektronik yang disentuh ke layar (screen), banyak digunakan untuk membuat
grafik dan gambar di dalam perencanaan dengan bantuan komputer CAD (computer
aided design)
DIGITIZER GRAPHICS TABLET
Alat input data yang menyerupai pena dengan
menggunakan digitizer graphics tablet memungkinkan user menggambar grafik
gambar dengan menghubungkan dua titik hasilnya dapat dilihat di layer
- Sensor
Merupakan alat yang mampu menangkap secara
langsung data kejadian fisik saat itu. Prinsip kerjanya adalah data analog
dkumpulkan oleh alat sensor lalu dimasukkan ke pengubah analog-to-digital yang
berikutnya akan diproses oleh komputer. Pembagiannya adalah:
MATA Dl KOMPUTER
DIGITIZING CAMERA
SENSOR MATA Dl KOMPUTER
Pada misi ruang angkasa Voyager ke Jupiter
dan Saturnus, pesawat ruang angkasa mempunyai beberapa kamera televisi dan
beberapa sensor yang mengumpulkan data di planet-planet tersebut. Komputer di
pesawat ruang angkasa mengirimkan bayangan yang ditangkap oleh kamera ke dalam
bentuk sinyal digital yang dipancarkan ke bumi stasiun, dibumi menangkap sinyal
digital tersebut dan meneruskannya ke komputer di Jet Propulsion Laboratory di Southern California . Sinyal digital tersebut kemudian
diproses lebih lanjut oleh komputer dan dirubah kembali ke dalam bentuk gambar.
Sekitar 40.000 gambar foto dan planet Jupiter telah dihasilkan dengan cara
tersebut.
- Voice Recognizer
Voice recognizer atau speech recognizer
membuat komputer mengerti omongan manusia. Voice recognizer menggunakan
mikrophone untuk menangkap suara input seperti tampak pada gambar
0 comments:
Post a Comment