Wednesday, April 11, 2012

061. Python

Python adalah salah satu bahasa program yang terkenal. Python termasuk interpreter, sebuah program yang dapat mengerti bahasa pengguna.

Banyak keunggulan yang dimiliki python, salah satunya adalah mempunyai sintaks yang singkat. Tidak perlu berbasa-basi dalam menuliskan program. Sebagai contoh, untuk membuat program yang menampilkan segitiga dapat dilakukan hanya dalam beberapa baris seperti di bawah.
>>> for i in range(3):
... print "#" * (i+1)
Bandingkanlah dengan program yang ditulis menggunakan bahasa pascal:
var i, j : byte ;
begin
for i:=1 to 3 do begin
for j:=1 to i do write('#');
end;
end.
Kedua program di atas sama-sama menghasilkan output:
#
##
###
Akan tetapi, seperti yang dapat Anda lihat, dengan python Anda dapat menulis dengan lebih singkat. Python tidak memerlukan introduction variabel-variabel yang akan dipakai (seperti var pada pascal). Sehingga Anda dapat meng-assign suatu variabel tanpa introduction terlebih dahulu.

Keunggulan lain yang dimiliki python adalah Anda dapat mencoba ide-ide Anda langsung pada Python Shell, tanpa harus di-compile terlebih dahulu. Hal ini sangat menghemat waktu yang digunakan.

Untuk melakukan pengkodean python, Anda tidak harus menulis pada suatu program khusus. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan text editor apapun. Cukup dengan menuliskan kode-kodenya dan kemudian di-save dengan menggunakan ekstensi .py. Anda juga dapat melakukan pengkodean pada suatu IDE (Integrated Development Environment) khusus python agar pengkodean jadi lebih mudah.

sumber: http://python-lover.blogspot.com/search/label/python%20tutoria

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment